Biografi

BIOGRAFI

mark

 

Mark Elliot Zuckerberg atau dikenal sebagai Mark Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 (umur 28) . Mark Elliot Zuckerberg lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County, kota New York. Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Bersama tiga saudara perempuannya, Randi, Donna, dan Arielle, ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi – psikiater. Sejak kecil Zuckerberg suka mengu tak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya. Pendidikan & Awal karir hingga sukses. Dia sekolah di Ardsley High School, dan
kemudian Zuckerberg mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran klasika sebelum pindah ke Phillips Exeter Academy pada tahun pertamanya, tempat ia mendapat banyak hadiah dalam bidang sains (matematika, astronomi, dan fisika) dan ilmu klasik. Mark Zuckerberg melanjutkan kuliah di Harvard, dan di Harvard inilah Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tak membagikan face book atau buku mahasiswa yang memuat foto-foto dan identitas mahasiswa di universitas itu.
Disaat Mark Zuckerber menawarkan diri membuat direktori itu, Harvard selalu menolaknya. Alasan membuat direktori itu di profil Facebook Zuckerberg, ia menyebutkan tertarik pada “keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi, minimalisme. Ia memiliki motivasi yang besar, meski ditolak ia selalu mencari cara untuk mewujudkannya. Proyek pertamanya adalah CourseMatch (www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Suatu malam di tahun kedua ia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyabot data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Tak
lupa ia membubuhkan kalimat yang meminta pengunjungnya menentukan mana dari foto- foto ini yang paling “hot”. Pancingannya mengena. Dalam tempo empat jam sejak ia meluncurkan webiste itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Pihak Harvard mengetahuinya dan sambungan internet pun diputus. Zuckerberg diperkarakan karena
dianggap mencuri data. Kemudian bukannya kapok ia malah membuat website baru dengan nama
Facebook (www.thefacebook.com). Website ini ia luncurkan pada Februari 2004.
Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Dalam penjelasan di website-nya sekarang disebutkan bahwa Facebook adalah suatu alat sosial untuk membantu orang berkomunikasi lebih efisien dengan rekan, keluarga, atau rekan kerjanya. Facebook menawarkan navigasi yang mudah bagi para penggunanya. Setiap pemilik account punya ruang untuk memajang fotonya, teman- temannya, network, dan melakukan hal lainnya seperti bisa berkirim pesan dan lain sebagainya.
Facebook juga menyertakan banyak aplikasi, penyertaan banyak aplikasi ini membuat
Facebook berbeda dengan website jejaring sosial terdahulu seperti MySpace. Lalu orang
berbondong-bondong mengunjungi websitenya dan mendaftar jadi anggotanya. Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh mahasiswa Harvard sudah memiliki account di Facebook. Ternyata tak hanya mahasiswa Harvard yang tertarik, beberapa kampus di sekitar Harvard pun meminta dimasukkan dalam jejaring Facebook. Ini membuat Zuckerberg kewalahan. Ia lalu meminta bantuan dua temannya untuk ikut mengembangkan Facebook. Dalam tempo empat bulan Facebook sudah bisa menjaring 30 kampus. Hingga akhir 2004 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta.
Pengguna Facebook terus meningkat. Malah ada sejumlah orang yang tak lagi jadi mahasiswa atau yang masih di sekolah ingin bergabung. Tingginya desakan ini membuat Zuckerberg dan kawan kawan memutuskan Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah (di sini SMU) pada September 2005. Tak lama kemudian mereka juga membuka jejaring para pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard. Zuckerberg dan kawan- kawan kemudian mengembangkan Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk jejaring umum dengan syarat memiliki email. Sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat.
Zackerberg sendiri di tengah kepopuleran namanya dan jumlah kekayaan yang dimilikinya, ia tetap sederhana. Ia masih tinggal di apartemen sewaan dan di kamarnya hanya tersedia sebuah meja dan kursi. Kasurnya diletakkan di lantai. Kala datang ke kantornya di Palo Alto, Zackerberg
kerap berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Tak tampak sebagai miliuner (dalam US$ dollar, tentunya) atau triliuner (dalam rupiah) . Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika.
Di usia baru 24 tahun, Mark Zuckerberg sudah bisa menghasilkan 1,5 miliar dollar AS. Keberhasilan pria pendiri Facebook, salah satu situs jejaring sosial ternama di dunia, ini membuatnya berada dalam jajaran orang terkaya di Amerika versi Forbes. Tidak hanya itu, dalam jajaran tersebut ia juga dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda.
Pada sebuah pesta yang diadakan persaudaraannya pada tahun kedua di universitas, Zuckerberg bertemu Priscilla Chan, seorang mahasiswa Cina- Amerika asal pinggiran kota Boston (Braintree, Massachusetts), dankemudian mereka pun sudah menikah tahun 2012 ini.
Manfaat temuan

Manfaat Facebook yang di ciptakan Mark Zuckerberg yang paling penting bagi kehidupan manusia adalah bahwa kita menciptakan aliran informasi yang terbuka untuk orang- orang di dunia, sehingga informasi dari belahan du ia manapun dapat di terima secara cepat. Kita dapat mensharing informasi di halaman facebook profil pribadi, fans page maupun di group. Masih banyak lagi fitur fitur yang ditawarkan oleh facebook seperti periklanan, developing aplikasi, games, chat online, fasilitas berbagi foto, berbagiinformasi wilayah, dll.
Berbagai fasilitas yang di tawarkan oleh facebook dapat mengantarkan orang menjadi kaya raya karena facebook marketing merupakan sesuatu hal yang sangat menguntungkan, dengan menggunakan fasilitas advertising atau menggunakan fanspage suatu perusahaan dapat menshare
produk-produk dari mereka yang terbaru dan informasi ini dapat di lihat oleh miliaran pengguna di facebook sebagai sarana marketing.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s